...
Ada bahaya dibalik overweight! Sudah ideal kah berat badan Anda?

overweight






















Masalah berat badan bukan masalah yang ringan. Selain mengganggu penampilan, berat badan berlebih akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Badan terlalu gemuk dapat menimbulkan resiko kesehatan seperti gangguan tidur, gangguan pada lutut dan pinggang dan meningkatkan risiko terhadap penyakit kronis dan kanker.

Melihat risiko-risiko yang disebabkan kelebihan berat badan tersebut, mulai dari sekarang cobalah untuk menjaga berat badan ideal Anda. Namun, bagaimana cara mengukur berat badan yang ideal? Untuk mengukur berat badan ideal bisa menghitungnya dengan metode Body Mass Index (BMI) atau bisa juga disebut dengan Indeks Massa Tubuh (IMT).

BMI atau Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah metoda praktis dalam menentukan apakah berat badan Anda tergolong normal, berlebih atau gemuk (obesitas). Untuk mengetahui BMI Anda, bisa dengan cara menghitung BMI Calculator yang memiliki rumus Berat Badan (kg) dibagi Tinggi Badan (m)2 .

Nah, bagaimana mengukur berat badan ideal, jika setiap hari berat badan kita bisa naik dan turun? Anda memang harus rutin menimbang setiap hari. Berat badan yang konsisten itulah yang bisa dimasukan ke dalam rumus BMI Calculator.

Untuk mengukur tinggi badan yang valid Anda bisa menggunakan cara berikut ini. Anda hanya butuh meteran, pensil, kaca, buku kecil yang padat, dan tembok datar. Lepas sepatu dan semua aksesori di kepala, kemudian letakan buku kecil di atas kepala Anda. Setelah itu, berikan tanda di tembok menggunakan pensil tepat di bawah buku. Setelah itu ukur dengan meteran. Itulah tinggi valid Anda.

Setelah mendapatkan berat badan dan tinggi badan yang valid dan dihitung menggunakan BMI Calculator, hasilnya tinggal dicocokan dengan berbagai klasifikasi penilaian. Bila hasilnya dibawah 18,5 artinya Anda kekurangan berat badan, bila 18,5-24,9 itu merupakan berat badan normal, 25-29.9 artinya Anda kelebihan berat badan, jika lebih dari 30 Anda termasuk Obesitas. Terlihat agak rumit? Nah, jangan khawatir dan tidak perlu repot-repot menghitung dengan kalkulator, Renovit sudah memudahkan Anda untuk menghitung BMI. Untuk mendapatkan hasil BMI dan apa saja saran-saran yang bermanfaat, Anda tinggal membuka link ini http://renovit-multivitamin.com/bmi-calculator

Untuk lebih sehat, Ayo tetap jaga berat badan ideal Anda!

Share Artikel ini :